Saturday, June 11, 2011

Jero Wacik Masukkan Lagi Film Hollywood?

Kabar baik buat kalian penggemar film Hollywood, bahwa pemerintah akan mendatangkan kembali film Hollywood di cinema-cinema tanah air.

Mengenai ditariknya film asing oleh Motion Picture Associations dari Indonesia karena naiknya pajak yang tinggi juga dibicarakan oleh Menteri Budaya Pariwisata, Jero Wacik bersama para importir film. Terlebih banyaknya masyarakat yang menyukai film Hollywood.


"Mengenai film impor, tadi saya sudah berbicara pada importir film, tujuan kita adalah agar film-film Hollywood tetap masuk. Lebih dari itu, agar (film impor) dapat menjadi pembanding bagi film-film nasional. Tadi saya sudah sepakat dengan pembuat film importir agar mereka bicara dengan eksportirnya di sana agar kembali mengalir lagi filmnya," ujarnya saat dijumpai di peringatan Hari Nasional di Gedung Sapta Pesona Budaya Pariwisata, Jakarta Pusat, Rabu (30/3)

Mengenai penyetopan kemarin Jero mengatakan bahwa mereka (para importir film) menunggu kabar dari perpajakan Indonesia. "Jadi kemarin sempat stop sebentar, menunggu bagaimana gerakan perpajakan Indonesia," paparnya.

Jero menambahkan mengenai pajaknya sendiri sudah ada titik terang dengan menteri keuangan. Namun mereka masih terkendala dengan 3 undang-undang yang saat ini masih bingung yang mana nantinya akan diterapkan.

"Ada tiga undang-undang di situ, bea cukai, perpajakan, perfilman. Tiga undang-undang ini akan diramu sedemikian rupa mana yang bisa digunakan agar nanti jangan keliru, kita atau pejabat pajak atau menteri keuangan, atau kami, saya," terangnya.

Menurut Jero dari ketiga undang-undang tersebut nantinya akan menjadi acuan agar film impor bisa masuk dengan baik.

"Maka tiga undang-undang itulah yang akan menjadi acuan agar film impor dapat masuk dengan baik, tentu kena pajak tapi pajaknya yang pantas. Nah, berapa angkanya sedang dihitung secara teknis oleh Dirjen Pajak dan Menteri Keuangan," tukasnya.

No comments: