Thursday, March 05, 2009

Tugas Struktur Data : Struct & Union

Definisi Struct==>>
Struct adalah sekumpulan variabel yang masing masing dapat berbeda tipe, dan dikelompokkan ke dalam satu nama. Struct ini sering digunakan untuk mendefinisikan suatu rekord data yang disimpan di dalam file. Struct mirip representasi sebuah object beserta propertiesnya. Contoh: struct MHS setidaknya punya elemen untuk NPM, Nama, dan Alamat.

Contoh Program:

Source Code


Output


Analisa
Struct pada program di atas digunakan untuk menampilkan data karyawan, dengan cara mengetik sebuah deklarasi yg akan memanggil field field yg ada di dalam struct,struct tanggal dan struct alamat. Jadi struct digunakan untuk mendefinisikan suatu rekord data yang disimpan di dalam file.

Definisi Union==>>
Union merupakan tipe data yang dibangkitkan, dimana anggota anggotanya menggunakan secara bersama sama ruang penyimpanan memori yang sama, berbeda dengan struct yang masing masing variabel yang menempati lokasi yang berbeda. Jumlah bytes yang digunakan untuk menyimpan union adalah sedikitnya cukup untuk menyimpan data terbesar yang ditangani. Oleh karena itu tipe union ini umumnya digunakan untuk menangani satu, dua, atau tiga variabel dengan tipe yang mirip. Sebagai contoh:

union nilaiUjian {
int uts, uas;
float akhir;
}

Contoh Program:

Source Code


Output



Analisa
Inisialisasi,deklarasi, dan pengolahan terhadap tipe union ini sama dengan struct, dan program diatas digunakan untuk menjelaskan cara mengakses byte ke-0 atau byte ke-1 dari di, dc[0] atau dc[1] yang digunakan.Seperti gambar di bawah ini

Daftar Pustaka==>>
Julio Adisantoso :: Departemen Ilmu Komputer IPB, "Bab VIII Struct,Union,Enumerasi,dan Manipulasi Bit".

2008, http://elearning.upnjatim.ac.id/ (Diakses 05 Maret 2009).

Muh. Zen S. Hadi, ST, "PERTEMUAN IX DATA TINGKAT LANJUT", lecturer.eepis-its.edu.

No comments: