Sunday, July 11, 2010

Jerman, Sang Raksasa Langganan Peringkat Tiga

Pasca perempat final Piala Dunia 2010, Jerman menjadi negara kandidat terkuat jadi juara. Bagaimana tidak, tim berjuluk Panser ini bisa menumbangkan dua juara dunia, Inggris dan Argentina, dengan empat gol.

Sayangnya kesuksesan berlebih membuat tim Panser lengah di fase semifinal ketika melawan Spanyol. Philipp Lahm cs sulit mengambil alih bola dari gelandang tengah tim Matador.


Panser pun tumbang di dengan skor tipis 0-1. Lahm dan kawan-kawan harus puas bertanding di perebutan tempat ketiga melawan Uruguay sebelum memastikan kembali menempati peringkat ketiga untuk keempat kalinya.

Angka 'keempat kalinya' menjadikan Jerman sebagai langganan posisi tersebut. Pasalnya tak ada negara lain dalam sejarah Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) yang bisa duduk sebagai peringkat tiga sebanyak itu.

Brasil dan Itala sebagai pemegang juara dunia sebanyak lima dan empat kali tercatat hanya dua dan sekali duduk di posisi tiga.

Posisi Runner up pertama ini disandang Jerman untuk pertama kalinya di ajang Piala Dunia pada 1934. Padahal saat itu tim Panser ini baru pertama kali ikut Piala Dunia.

Empat tahun sesudahnya Jerman memang tak bisa berbuat banyak karena kandas di babak pertama. Begitu pun ketika mereka dilarang tampil di ajang Piala Dunia 1950 karena memiliki tiga 'wakil' yang mengatasnamakan Jerman.

Yakni Jerman Barat, Jerman Timur, dan Saarland. Nama wilayah yang disebut terakhir mungkin memang terdengar asing. Maklum itu adalan nama wilayah protektorat yang memisahkan diri dari Jerman dan berada di bawah kontrol Perancis antara tahun 1947-1956.

Tapi empat tahun kemudian tepatnya 1954, Jerman Barat langsung menggebrak dengan jadi juara di Swiss. Sejak saat itu sampai tahun 1970, prestasi terburuk mereka adalah perempat final.

Pun di tahun 1970, Jerman kembali menduduki peringkat tiga. Posisi yang langsung 'dibalas' di tahun 1974 karena Jerman jadi juara untuk kedua kalinya.

Sayangnya prestasi itu kandas empat tahun kemudian di Argentina. Karl-Heinz Rummenigge cs hanya sampai di babak kedua. Sesudah menjadi runner up di Piala Dunia 1982 dan 1984, Jerman kembali jadi yang juara di tahun 1990.

Ternyata itulah tahun terakhir Jerman jadi yang terbaik. Lima perhelatan Piala Dunia berikutnya, anak-anak Die Mannschaft hanya bisa sampai fase perempat final (1994-1998) dan Runner up di Piala Dunia 2002.

Dua Piala Dunia terakhir Jerman malah menduduki peringkat yang sama, yakni peringkat tiga. Termasuk di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Posisi yang sama di 2014?

Sumber

No comments: